Jumat, 10 Oktober 2014

batik papua

Salah satu daerah pembuat batik adalah Papua. Motif yang terdapat pada batik Papua pun berbeda dengan motif batik Jawa atau daerah lainnya. Umumnya, kain dan motif batik Papua berwarna gelap, tapi tidak sedikit pula yang berwarna cerah. Motif dan coraknya pun beragam dan memiliki kekhasan Papua, seperti burung cendrawasih, alat musik tifa, hingga ukiran kayu.

 

 Jarak tempuh Jakarta-Papua via pesawat terbang:4-5 jam

Awalnya, teknik membatik ini dikembangkan oleh pengrajin dan seniman Papua. Nah, pembuatan batik ini ternyata banyak terinspirasi dari peninggalan-peninggalan arkeologi yang tersebar di daerah Papua. Salah satunya, adalah dari lukisan-lukisan dinding gua yang ada di area kabupaten Biak dan Jayapura. Selain lukisan dinding, peninggalan sejarah lainnya seperti fosil, artefak dan benda purbakala juga mempengaruhi kreativitas seniman Papua dalam mengkreasikan motif batik, lo.

budaya-indonesiadot org

Karena mengandung unsur sejarah dan arkeologi di dalamnya, tak heran jika batik Papua  banyak disukai oleh masyarakat lokal hingga internasional. Salah satu motif batik yang terkenal adalah motif Asmat  dengan simbol patung kayu suku Asmat. Selain itu, ada pula motif  Kamoro atau simbol patung berdiri, Sentani, juga motif yang divariasi dengan sentuhan garis emas yang dijuluki batik Prada.

Motif batik papua




 


 


 

 


 

 


 

 


 

 

 

 


 



 

 

 



 

 


 

Karya yang begitu indah walaupun batik lebih banyak dikenal dari tanah jawa,setelah melihat motif batik papua ,batik ini tidak kalah cantik dan menariknya dengan batik dari kota lain di negara kita.

Perpaduan yang unik ..batik.. mentransformasi bentuk dari pakem yang berlaku di tanah jawa ,digantikan dengan budaya yang kaya dan mkana arti setempat.Di tangan para perajin dan seniman bertalenta tinggi batik digubah menjadi seni yang bernilai.

Terimakasih kepada seluruh nara sumber yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu selain kata semangat untuk memajukan dan memelihara batik sebagai budaya bangsa yang bernilai tinggi.

Sampai berjumpa di blog lainnya dan tentunya masih di batik cantik warisan bangsa.

Salam hangat,

Dave Tjoa

KUNJUNGI BLOG BERJUALAN BATIK LAWAS KAMI DI: batikantikbatiklawas.blogspot.com
























2 komentar:

  1. Salam kenal kak. Boleh dong untuk mengunjungi situs kami fitinline, tersedia berbagai macam perlengkapan membatik
    seperti kain mori dan pewarna batik. Harga sangat terjangkau, silahkan kunjungi toko online kami
    Regards, fitinline

    BalasHapus