Rabu, 13 Mei 2015

batik demak

batik demak




Batik Demak atau  Kudus,batik Demakan adalah batik pesisiran pantai utara Jawa.Batik ini diperkirakan tidak berproduksi lagi di tahun 70 an.Batik Demak adalah tipe batik peranakan yang pada umumnya dibuat oleh perajin keturunan Tionghoa pada masa itu.





batik demak versi hokokai era th 1940 an


Batik demak sangat detail dan halus diperkirakan memakan waktu berbulan bulan untuk mengerjakan sehelai kain ini.Batik ini tergolong batik mahal dan banyak diminati warga kalangan atas karena keindahannya.Tanahan yang penuh mengisi kain adalah ciri khas dari batik demak yang rumit.

Batik ini mempunyai beberapa ciri khas antara lain bentuk bunganya yang sangat signifikan yaitu mawar tumpuk,motif ganggeng (ganggang laut) iwa (ikan) burung kecil/kupu dan bentuk tepian kain yang menyerupai L pada satu sisi dan L terbalik pada sisi lainnya,ini dikarenakan sistem pembagian kain pagi sore yang mempunyai dua fungsi.

sisi L kiri dan sisi L terbalik pada sisi kanan atas

mawar tumpuk khas motif batik demak

bunga mawar dan kupu

2 ekor burung kecil


motif ganggeng

motif rumput laut dengan iwa (ikan) kecil warna pink dan biru

motif ganggang laut

Ada pun batik demak menggunakan corak pekalongan sbb brikut:





Selendang gendong demak-an sbb berikut:





Warna  pada batik ini selalu cenderung ke-coklatan sogan dan artikel corak banyak menggunakan warna merah,merah muda,unggu,biru,kuning dan hijau.Batik ini benar-benar terkesan lembut dan feminin dalam artian siapapun yang memakainya pasti akan terlihat cantik dan anggun.Batik seperti ini hanya digunakan pada acara khusus seperti pesta pernikahan dan acara penting lainnya.





Adapun warna yang tidak umum antara lain bernuansa hijau tua dan pastel ke unggu-an,cantik sekali.Sayang batik ini tidak bertahan dan hampir punah keberadaanya karena tidak diwariskan kepada penerusnya.Batik demak sangat terkenal dan menyamai keindahan batik Pekalongan pada waktu lampau..










Banyak beberapa pembatik peranakan yang cukup terkenal berasal dari demak diantaranya Annalisa,Oh Joe Mey, Im Hiang, T.S.Tien.






Batik Demak batik cantik menebar pesona bagi siapapun yang melihatnya,keindahan batik ini banyak memukau tiap insan.Lestarikan budaya bangsa yang tidak dimiliki bangsa lain,selama masih ada generasi selanjutnya yang mencintai dan menghargai karya bangsa niscaya warisan karya anak bangsa akan terjaga.








Salam hangat,


dave tjoa

1 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Tertarik untuk mempelajari cara membuat batik tulis, cara membuat batik cap, serta teknik pewarnaan batik?.. Anda bisa memesan paket cd belajar membatik di Fitinline..

    BalasHapus